ayam ketawa adalah jenis ayam bersuara pelan dan slow tetapi ada juga yang bersuara cepat,cara merawat ayam ketawa tidak jauh berbeda dengan perawatan ayam bangkok dan ayam lainnya tetapi khusus ayam ketawa memang dibutuhkan perhatian ekstra untuk menjaga kualitas suara ayam agar tetap bagus pada saat kontes, kali ini saya akan memberikan tips cara merawat ayam ketawa kesayangan anda..

cara merawat ayam ketawa
Cara Merawat Ayam Ketawa




A)Makanan

Pakan ayam ketawa  saat ini ini telah berbeda dengan pakan asli ayam ketawa, yang dipakai suku buis, di bugis sendiri banyak menggunakan pakan gabah kering, tetapi dikota – kota besar melacak gabah amat sulit.
kenapa ayam ketawa didaerah aslinya diberi makan gabah, pemberian pakan gabah berperan untuk menyingkirkan rasa gatalpada ayam ketawa itu sendiri.
gabah juga berperan bersihkan lendir pada tenggorokan ayam ketawa, hingga pemberian pakan gabah sama korok leher ayam ketawa.
akhirnya nada ayam ketawa semakin khas lantas mangkin panjang serta tinggi, pemberian pakan gabah sendiri ada langkahnya yakni, gabah sebelum saat diberikan untuk pakan ayam ketawa direndam air dulu satu malam, pada waktu direndam umumnya gabah yang kosong dapat mengambang, gabah yang kosong tersebut dibuang. besoknya sesudah air ditiriskan gabah yang direndam semalam diberikan pakan untuk ayam ketawa tersebut.
namun pakan untuk ayam ketawa anakan, umumnya menggunakan dedak halus yang digabung jagung halus ( menir ), atau bisa beli poor di beberapa toko yang sediakan pakan untuk ayam.

B)Kandang


Kandang yang bisa anda gunakan untuk memelihara ayam ketawa bisa digunakan kandang kandang ayam biasa, untuk ayam ketawa sendiri sediakan di kandang tersebut termpat untuk ayam ketawa tersebut bertengger, dan usahakan kandang yang disediakan untuk ayam ketawa berukuran luas, bersihkan kandang secara rutin. Dengan membersihkan kandang secara rutin, kita sudah mencegah ayam dari kemungkinan terkena penyakit yang bersumber dari bakteri, tungau atau parasit yang biasa muncul dalam kandang kotor. Selain itu, kandang yang bersih bisa membuat ayam merasa nyaman.

C)Jamu


Banyak penggemar dan pemain ayam ketawa yang rutin memberikan jamu atau ramuan kepada piaraannya. Salah satunya adalah jamu dengan resep sebagai berikut:

  • Jahe
  • Tomat
  • Gula merah
  • Madu
Cara Pembuatan
  • Bersihkan jahe dari segala kotoran, kemudian kupas kulitnya. Masukkan ke dalam panci.
  • Gula merah dipotong kecil-kecil, kemudian masukkan pula ke dalam panci.
  • Tomat diblender hingga halus. Setelah lembut, masukkan pula ke dalam panci, sambil diaduk-aduk hingga adonan menjadi lebih merata.
  • Panci yang berisi adonan kemudian dipanaskan di atas kompor, sambil terus diasuk sehingga adonan menjadi kental.
  • Tambahkan madu secukupnya ke dalam adonan, aduk lagi beberapa menit, kemudian matikan kompor.
  • Adonan yang sudah dingin (suhu normal) bisa diberikan kepada ayam ketawa



D)Cara Mengatasi Ayam ketawa yang malas berkokok

Masalah yang sering muncul saat melatih ayam ketawa adalah jika ia tidak mau berkokok / malas berkokok. Untuk mengatasinya, ayam harus dilatih sendirian, atau dipisahkan dari ayam ketawa lainnya. Perdengarkan audio ayam ketawa, sehingga ayam mau mengikutinya tanpa ketakutan melihat ujud ayam ketawa lainnya.
Untuk mencegah stres sebelum dan setelah kontes, ayam ketawa bisa dibiarkan untuk menghibur dirinya sendiri. Misalnya dengan memberinya kesempatan mandi pasir. Terapi ini bertujuan untuk menghilangkan stres pada ayam, mengusir kutu yang terdapat pada bulu-bulunya, dan membuang bulu-bulu mati yang bisa menyebabkan rasa gatal pada tubuh ayam.
Dengan melakukan latihan rutin, terutama pada ayam yang belum pernah dikonteskan, maka ayam lama-lama akan terbiasa berkokok di atas tenggeran dengan tenang.
Pelatihan ini tidak membutuhkan waktu terlalu lama, cukup beberapa hari sebelum kontes. Tetapi lebih baik jika Anda menyiapkan jauh-jauh hari sebelum kontes, agar ayam ketawa benar-benar terbiasa berkokok di atas tenggeran dengan tenang, tidak canggung berada dalam kerumunan ayam ketawa lainnya, dan mampu mengeluarkan suara khasnya.
E)Cara Melatih ayam Ketawa
Untuk anakan ayam ketawa yang malas berkokok harus di Pisahkan dari ayam ketawa lainya atau di sendirikan di ruang/tempat yang berbeda agar memancingnya untuk berbunyi.
Mandikan ayam ketawa di pagi hari dan di jemur sebentar setelah itu masukan lagi ke sangkar kemudian gantung di tiang tempat yg tinggi,,seperti halnya Ayam Bekisar.
Untuk anakan maupun ayam ketawa dewasa harus sering dilatih di tiang kayu yang berbentuk huruf "T" , tujuannya adalah selain untuk persiapan kontes lomba, juga untuk melatih menjinakkan ayam Ketawa yang agak liar dengan cara kakinya diikat dengan tali panjang khusus ayam.

Demikian tips bagaimana cara merawat ayam ketawa kesayangan anda

date Minggu, 09 Maret 2014

4 komentar to “Cara Merawat Ayam Ketawa”

  1. Unknown
    21 Februari 2019 pukul 10.33

    Kapan lagi bisa main game sambil cari penghasilan tambahan ? Ayo gabung di BOLAVITA AGEN SABUNG AYAM | AGEN BOLA | AGEN CASINO ONLINE | TANGKASNET | SLOT GAME | TERBESAR & TERPERCAYA
    WA: +628122222995


    BOLAVITASPORTS PREDIKSI SKOR TERPERCAYA DAN TERAKURAT

    JADWAL SABUNG TERLENGKAP agen adu ayam terbesar sejak 2014

  1. Miliana
    27 Mei 2019 pukul 02.43

    jadi seperti itu carra merawat nya makasih

    berita terbaru motogp 2019

  1. Fenny
    27 Agustus 2019 pukul 03.22

    Sumber Makanan Ayam Bangkok Agar Ganas Ketika Bertarung merupakan hal yang paling penting untuk di ketahui bila Ingin Ayam Aduan anda menjadi Juara. Bila Ayam aduan kuat, ganas pastinya sangat bahagia bukan ? Tidak hanya bangga tetapi menjadi suatu kepuasan tersendiri.

    Dalam proses pembentukan karakter Ayam Bangkok Aduan pastinya kita tidak hanya ingin ganas, namun menjadikannya sebagai Ayam Juara bukan ? Itu bukanlah suatu hal yang mudah, butuh waktu yang lama dan juga pelatihan yang intensif.

    Selengkapnya klik kata Ayam Bangkok di samping : Makanan Ayam Bangkok Agar Ganas !

  1. awdawd
    27 Agustus 2019 pukul 20.11

    agen sabung ayam s128 dan sv388 terpercaya

    http://agensabungayam.logdown.com/post/7837867-kandungan-daun-jambu-biji-untuk-ayam-bangkok-aduan

    Link Official Bolavita : http://159.89.197.59/
    Telegram : +62812-2222-995
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

Leave a Reply: